Tutorial cara membuat animasi timer atau animasi pergantian
angka dengan menggunakan adobe flash cs6. Kali ini saya akan membahas tentang
bagaimana cara membuat animasi timer. Animasi ini berbentuk perubahan angka,
dapat berupa pertambahan angka atau pengurangan angka. Contoh animasi ini
seperti yang biasa kita lihat pada saat mulai pemutaran sebuah film di bioskop,
pada saat memulai sebuah pertandingan balap dan lain sebagainya.
Langkah-langkah membuat animasi timer
Buka adobe flash dan buat lembar kerja baru dengan
menggunakan action script 3. Ubah dahulu nama layer menjadi Angka. Pada layer
Angka buatlah angka 5 dengan menggunakan Text Tool (T) atau dengan menekan
tombol T pada keyboard. Kemudian klik kanan pada frame 5 dan pilih insert
keyframe, lakukan hal yang sama pada frame 10, 15 dan 20 hingga Nampak seperti
gambar dibawah ini :
klik pada frame 5 dan ubah angka 5 yang ada pada lembar
kerja menjadi angka 4
Klik pada frame 10 dan ubah angka 4 menjadi angka 3 pada
lembar kerja
Klik pada frame 15 dan ubah angka 3 menjadi angka 2 dan
terakhir klik pada frame 20 kemudian ubah angka 2 menjadi angka 1 pada lembar
kerja
Untuk menjalankan animasi tekan CTRL + ENTER pada keyboard
Selanjutnya kita akan membuat sebuah objek lingkaran yang
berkurang ketika animasi timer tersebut di jalankan. Perhatikan gambar dibawah,
pertama-tama buatlah sebuah layer baru dengan mengklik new layer (no 1 pada
gambar), ubah nama layer menjadi Lingkaran dan tempatkan dibawah layer Angka
dengan cara klik tahan dan geser kebawah (no 2 pada gambar).
Pada layer lingkaran klik frame 1 dan buatlah sebuah objek
lingkaran dengan menggunakan Oval Primitive Tool (T) atau tekan tombol T dan
tempatkan sejajar dengan angka 5. Kemudian klik menu modify – transform –
rotate 90 ccw (CTRL + SHIFT + 7) agar node lingkaran yang sebelumnya berada
disamping kanan, pindah kebagian atasi lingkaran.
Selanjutnya Lakukan hal yang sama pada layer Lingkaran yaitu
menambahkan keyframe pada frame 5, 10, 15 dan 20 dengan mengikuti panduan yang
sama pada layer Angka yang telah dibahas diatas, hingga tampilannya seperti no 2
pada gambar dibawah.
Contoh gambar dibawah
:
Langkah selanjutnya masih pada layer lingkaran, klik frame 5
dan klik objek lingkaran sehingga muncul menu oval option pada property yang
berada disebelah kanan lembar kerja, ubah nilai dari start angel menjadi 90
sehingga seperti gambar dibawah ini
Dengan mengikuti panduan diatas pada frame pada frame 10
nilai start angel ubah menjadi 180, frame 15 nilai start angel 270 dan pada
frame 20 ubah nilai start angel menjadi 359. Untuk menjalankan animasi tekan
CTRL + ENTER. Untuk mengubah kecepatan animasi ubah fps lebih rendah dari nilai
standart 24
Selamat mencoba
0 komentar:
Posting Komentar